Kamis, 22 Januari 2015

Tempat Wisata Candi Borobudur Jawa Tengah


Candi Borobudur merupakan situs peninggalan sejarah Budha yang memiliki keindahan struktur bangunan Candi sangat mengagumkan.

Borobudur yang merupakan salah Satu tempat wisata terpopuler di Magelang ini menjadi landmark di mata International dan pernah mendapat pengharagaan World Heritage Sites oleh UNESCO.
Candi Borobudur yang juga merupakan Candi Buddha terbesar di Dunia pada abad ke – 9 ini letaknya berdekatan dengan Candi Prambanan Yogyakarta. 

Borobudur memiliki ciri khas relief serta ukiran Candi yang menggambarkan sejarah di masa lalu tentang Budhha Mahayana di masa pemerintahan Wangsa Syailendra yakni sekitar tahun 800  Masehi.

Candi Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga yang merupakan salah satu Raja dari Kerajaan Mataram Kuno, dan masih keturunan Wangsa Syailendra ini terdiri atas Enam teras dengan bentuk bujur sangkar dimana pada bagian atasnya terdapat Tiga pelataran yang dihiasi 2.672 relief dan 504 Patung Budha.

Monumen Agung ini kerap di gunakan sebagai tempat suci bagi para peziarah untuk mengagungkan Sang Buddha ini menjadi tempat  spiritual bagi Umat Buddha agar bisa menuntun umat manusia menuju pencerahan dan bersikap lebih bijaksana serta meredam nafsu duniawi dan angkara murka.

Para peziarah biasanya masuk melewati Pintu sisi timur dan berjalan dengan cara mengitari  bangunan Candi yang dianggap suci sembari menaiki anak tangga hingga ke undakan berikutnya melalui ketiga tingkatan  yang masing – masing bernama area Kamadhatu  bemakna tempatnya hawa nafsu, Rupadhatu  bermakna tempat berwujud, serta Arupadhatu yang bermakna tempatnya tak berwujud. 

Para pengunjung yang datang ke objek wisata Borobudur biasanya selalu menyempatkan diri untuk berfoto dengan latar belakang bangunan Candi nan megah.

Harga tiket masuk Candi Borobudur tahun 2015 di kenakan tarif sebagai berikut tarif orang Dewasa sebesar Rp 30 ribu per orang dan Tarif anak – anak dan pelajar Rp 12.500 per Orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar