Selasa, 20 Januari 2015

Candi Prambanan Dan Legenda Roro Jonggrang


Candi Prambanan yang terletak di di Kota Yogyakarta ini merupakan Candi Hindu terbesar di Asia Tenggara, Ketinggian Candi Hindu ini mencapai 48 meter dan masuk dalam daftar warisan kebudayaan Dunia pada tahun 1991 oleh UNESCO.

Candi Hindu paling megah di Indonesia ini menjadi Objek wisata terpopuler di Jogja, Bangunan Candi Hindu ini tak hanya menampilkan panorama struktur bangunan nan memikat, tampilan Candi semakin eksotik takkala cahaya sunset menyinari bangunan Candi dengan bias cahaya yang menakjubkan. 

Prambanan dan Candi Borobudur memiliki kisah menarik yang memberikan pesan moral bahwa sejak dahulu kala di Tanah Jawa sudah menerapkan adanya keharmonisan antar pemeluk agama Buddha dan Hindu.

Reruntuhan Candi Boko yang ditemukan di sekitar komplek Candi Prambanan ini merupakan pusat pemerintahan kerajaan Mataram Hindu di masa Dinasti Sanjaya. 

Seperti yang kita ketahui bersama Candi Boko sendiri merupakan reruntuhan bekas kompleks Istana Kerajaan Mataram Hindu, menurut bukti – bukti sejarah tercatat bahwa pada masa itu Wilayah tersebut merupakan pusat pemerintahan.

Hingga kini Candi Prambanan tak pernah lepas dari sosok puteri cantik Roro Jonggrang yang terkenal dengan kecantikannya.

Konon menurut legenda Roro Jonggrang merupakan Puteri Raja Boko yang berkuasa di wilayah Prambanan, Keanggunan dan Kecantikan Roro Jonggrang membuat Pangeran Bandung Bondowoso ingin mempersuntingnya menjadi Permaisuri.

Untuk menyiasati lamaran tersebut Roro Jonggrang memberikan syarat agar dibuatkan Seribu Candi dalam waktu semalam, Bandung Bondowoso pun menyanggupinya dan melaksanakan syarat tersebut dengan bantuan para Jin.

Namun saat bangunan Candi hampir selesai, Roro Jonggrang menyiasatinya dengan membakar jerami dan menyuruh seluruh warga memukul alat penumbuk padi agar terkesan hari menjelang fajar.
Para Jin yang melihat pertanda fajar kemudian meninggalkan pekerjaannya hingga tersisa 1 Arca.

Bandung Bondowoso yang mengetahui kecurangan Roro Jonggrang dengan kecewa mengutuk Roro Jonggrang menjadi Arca untuk menggenapi Seribu Arca yang di minta Jonggrang.

Hingga kini Arca cantik yang menurut legenda merupakan jelmaan Roro Jonggrang masih berada di sebelah utara Candi Prambanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar