Jumat, 06 Februari 2015

Pesona Telaga Warna Dieng Yang Menakjubkan


Pesona alam Indonesia memang sangat menggoda, tak heran Jika Indonesia di kenal sebagai Surga Khatulistiwa,mulai dari Sabang sampai Marauke terhampar Pulau – Pulau indah yang menyuguhkan pesona keindahan alam yang menakjubkan, salah satunya adalah Telaga Warga Dieng.

Obyek wisata Telaga Warna yang terletak di dataran tinggi Dieng Jawatengah ini berada 32 Km dari Wonosobo, keindahan Bukit Hijau Dieng yang sangat mengagumkan membuat siapapun akan terpana melihat saat menyaksikan keelokannya.

Begitu pula dengan Telaga Warna Dieng yang memiliki warna air yang berubah – ubah, Air Telaga ini sering berwarna Hijau kebiruan, Kuning kemerahan, Coklat kekuningan, bahkan tak jarang berwarna Hijau Tua.

Perubahan warna biasanya tergantung pada faktor cuaca dan waktu, para pengunjung tidak diperkenankan mandi atau membasuh muka di Telaga ini sebab dasar tanah di telaga warna ini mengandung belerang jika cuaca sedang panas Telaga ini mengeluarkan bau belerang yang sangat menyengat karena alasan itulah pihak pengelola menganjurkan para Pengunjung Telaga Warna untuk menggunakan masker.

Meski demikian Pemandangan di Telaga Warna sangat mempesona, Anda dapat menkimati Air Telaga sembari duduk santai diantara rimbunnya pepohonan yang mengelilingi Telaga indah ini.
Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah mengesplorasi keindahan dengan menyusuri jalan setapak yang menuju ke puncak bukit.

Tak jauh dari Telaga Warna terdapat Telaga Pengilon yang di kelilingi oleh Bukit dan padang rumput Hijau yang menhampar indah, di juluki Telaga Pengilon, karena air telaga ini sangat jernih dan bisa di gunakan untuk bercermin. 

Setelah puas menikmati keindahan Telaga Warga, Anda bisa menyusuri area perkebunan dengan suasana sejuk di kawasan ini Anda akan menjumpai beberapa Goa seperti Goa Semar, Goa Pengantin, Goa Jaran, Goa Sumur dan lainnya.

Di Depan Goa Semar Anda akan menjumpai sebuah Patung Semar yang merupakan Tokoh Pahlawan dalam pewayangan. Goa Semar kerap di manfaatkan para tokoh Spiritual untuk bermeditasi, terbukti di depan Pintu Goa terdapat sisa pembakaran Kemenyan serta Kembang 7 rupa.

Sementara itu di dalam Goa Sumur yang juga masih satu kawasan dengan Telaga Warna Dieng terdapat sebuah Sumber Air yang di sebut Tirta Prawitasari yang di yakini sebagai sumber Air suci, sebagian besar umat Hindu selalu berkunjung dan mengambil air di Goa ini untuk menggelar upacara ritual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar