Senin, 02 Februari 2015

Pesona Pancuran Pitu Dan Goa Selirang Di Baturraden Purwokerto Jawa Tengah


Lokasi wisata Pancuran Pitu di Baturraden, Purwokerto diyakini bisa menyembuhkan berbagai Penyakit kulit karena kandungan belerang yang terdapat di dalam air Pancuran tersebut.

Namun dibalik khasiat Air Pancuran terkenal ternyata masyarakat setempat masih menyimpan legenda Pancuran Pitu yang selalu menarik untuk di simak.

Objek Wisata Baturaden yang terletak di tengah hutan Pinus dan Hutan damar ini  bisa
ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, dari Pintu Masuk Wisata Baturaden para pengunjung harus berjalan kaki sejauh 5 Km.

Pancuran Pitu yang dalam bahasa Indonesia berarti Tujuh Pancuran ini berasal dari Mata Air yang bersumber dari Gunung Slamet Jawa tengah.

Sumber air panas alami ini mengandung unsur belerang dengan suhu sekitar 70 derajat celcius, selain belerang adapula kandungan Mineral dan lainnya.

Endapan dari sumber air panas ini biasanya dikeringkan lalu menghasilkan serbuk belerang yang sangat ampuh untuk mengobati Penyakit Kulit seperti Gatal – Gatal, Panu, Kadas, Kurap dan lainnya.
Selain untuk mengobati Penyakit Kulit, Air Pancuran bisa untuk digunakan untuk Pengobatan Rematik, Sakit Pinggang dan mengobati Jerawat.

Di sebelah Pancuran Pitu Baturaden terdapat sebuah petilasan Mbah Atas Angin atau Syekh Maulana Maghribi.

Menurut Informasi yang di peroleh dari Penjaga Loket, Mbah Atas Angin merupakan salah seorang Tokoh islam yang menyebarkan ajaran Islam di Jawa Tengah.

Syekh Maulana Maghribi dan seorang pengikutnya bernama Haji Datuk berlayar hingga suatu hari Syekh Maulana menderita Sakit gatal – gatal dan sulit disembuhkan 

hingga pada suatu malam Syech Maulana mendapat petunjuk agar dirinya berkunjung ke Gunung Gora yang merupakan sumber air panas dan memiliki Tujuh buah Pancuran hingga beliaupun memutuskan untuk mandi dan berendam di Pancuran Pitu hingga penyakit yang di deritanya pun sembuh total, ia pun kemudian menetap di Gunung Hora dan menamakan pancuran tersebut dengan nama Pancuran Pitu.

Tak Jauh dari Pancuran Pitu terdapat jalan setapak menuju ke Gua Selirang, Gua ini di aliri sumber Air Panas  yang juga bersumber dari Pancuran Pintu Baturaden.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar