Mengenal Mitos Dan Sejarah Gunung Merapi Di Museum Gunung Merapi


Museum Gunung Merapi.Negara Indonesia yang berada di kawasan cincin api atau ring of fire di kenal memiliki kepulauan yang sangat indah dan memiliki ratusan Gunung- Gunung Merapi yang banyak tersebar mulai dari Pulau Sumatera hingga Pulau Papua, salah satunya adalah Gunung Merapi yang merupakan Gunung teraktif di Dunia.

Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Yogyakarta ini merupakan salah satu daerah yang masuk dalam daftar daerah rawan bencana.

Oleh karena itu untuk mengantisipasi semua itu Pihak Pemerintah Daerah membangun sebuah Museum yang bernama Museum Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Yogyakarta tepatnya di Jalan Boyong, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman, DIY.

Dengan adanya Museum ini, Pemda setempat berharap bisa memberikan informasi serta berbagai pemahaman tentang pentingnya upaya penanggulangan bencana alam, seperti terjadinya Gunung Meletus, Gempa Bumi dan lainnya.

Keberadaan Museum Gunung Merapi manfaatkan sebagai Wisata edukasi dan sarana pendidikan, di Museum ini banyak terdapat informasi mengenai aktifitas Gunung Merapi yang merupakan Gunung teraktif di Dunia.

Para Wisatawan dapat mengetahui sejarah letusan Gunung Merapi, sisa - sisa erupsi Gunung Merapi,Legenda serta Mitos Gunung Merapi dan berbagai kearifan lokal yang terjadi di sekitar Puncak Merapi.

Museum yang berada di lereng Merapi ini berdiri kokoh dengan bentuk bangunan segitiga menyerupai Gunung.

Para pengunjung dapat menyaksikan keindahan Gunung Merapi yang berdiri gagah dari balik pelataran Museum, Bangunan Museum Merapi terbagi dalam Dua lantai yakni Lantai 1 dan Lantai 2.
Saat berada di zona khusus, para Pengunjung akan menyaksikan fenomena pertumbuhan kubah Gunung Merapi dan mengetahui seluk beluk Gunung Merapi serta mitos seputar Gunung Merapi.

Banyak informasi serta pengetahuan yang bisa di peroleh lewat Museum Merapi yang berjarak hanya 5 km dari tempat Wisata Kaliurang .

Museum Gunung Merapi buka setiap hari Selasa – Minggu mulai pukul 09.00 sampai pukul 15.30 WIB, harga tiket masuk Museum Merapi Rp 3.000 per orang.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat Diving dan Snorkeling favorit Di Laut Karimunjawa

Read The Affair Free

Wisata Kuliner Malam Di Simpang 7 Kudus Jawa Tengah