Jumat, 13 Februari 2015

Mencicipi Aneka Kuliner Ekstrem Di Gunungkidul Yogyakarta


Kawasan Gunungkidul Yogyakarta tak hanya dikenal dengan keberadaan pantai – pantai cantik saja. Saat berwisata ke Yogyakarta dan berkunjung ke Gunungkidul cobalah untuk mencicipi aneka Kuliner ektrem Gunungkidul yang terbuat dari berbagai jenis Serangga.

Wisata Gunungkidul yang kini telah menjadi kawasan wisata terpopuler di Yogya ini menawarkan menu kuliner yang tak biasa, di sini Anda bisa mencoba menu belalang goreng hingga jangkrik bakar.
Kuliner ektrem di Gunungkidul ini menjadi makanan khas penduduk Gunungkidul, mendengar nama jangkrik, belalang dan kecoa saja sebagain orang sudah bergidik apalagi jika hewan serangga ini di santap sebagai pelengkap menu makan siang Anda.

Berapa kuliner ekstrem yang banyak di temui di Gunungkidul adalah belalang goreng, menu ektrem ini banyak di jual di daerah Semanu, Wonosari, dan Paliyan Yogyakarta.

Bahkan beberapa warung makan di sepanjang Pantai Indrayanti banyak yang menyediakan menu iini, meski terlihat kurang menyenangkan namun rasa belalang goreng sangat lezat, rasanya mirip dengan Udang goreng yang gurih dan kenyal.

Menu belalang goreng tersedia dalam beberapa varian, ada rasa Pedas, Rasa Manis, dan Rasa Original, Daging Belalang di yakini kaya akan kandungan vitamin A dan tinggi protein.

Selain Belalang goreng adapula menu ekstrem lainnya yakni Laron, kepompong atau ungkrung, Kadal, Jangkrik, Biawak, Belatung Pohon, dan hewan lainnya cara pembuatan menu ini sama yakni dengan cara di goreng atau di tumis.

Diantara semua hewan yang disebutkan diatas jangkrik dan Belatung pohon dipercaya memiliki kandungan protein yang paling tinggi.

Untuk menu Jangkrik Goreng dan oseng – oseng Belatung  dimasak dengan racikan bumbu sederhana yakni Bawang merah Bawang putih, Cabai, Garam dan rempah lainnya.

Untuk menikmati aneka menu ektrem di Gunung Kidul Anda hanya perlu membayar 1 porsi menu dengan harga Rp 15 ribu .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar