Senin, 23 Februari 2015

Benteng Vredeburg Wisata Bersejarah Di Pusat Kota Yogyakarta


Saat musim liburan tiba Kota Yogyakarta kerap menjadi ajang wisata keluarga dan menjadi kawasan study tour di Yogyakarta, mereka umumnya mengunjungi tempat wisata bersejarah di Yogyakarta seperti Museum di Yogya, Benteng Vrederburg dan Candi Prambanan Yogya.

Selain berwisata mereka bisa mendapat banyak pengetahuan serta informasi mengenai sejarah kota Yogyakarta.

Saat menyusuri wisata sejarah cobalah berkunjung ke Benteng Vredeburg yang terletak di depan Istana Kesultanan Yogyakarta dan Gedung Agung.

Benteng Vredeburg yang didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1760 ini merupakan salah satu peninggalan sejarah masa Belanda yang hingga kini masih terlihat utuh dan terletak di jantung kota Yogyakarta. 

Pada tahun 1981 Benteng Vredeburg diresmikan oleh Pemerintah sebagai bangunan cagar budaya dan menjadi Museum perjuangan nasional.

Di dalam Museum terdapat beberapa koleksi sejarah yang menggambarkan Perjuangan Rakyat Indonesia saat melakukan peperangan memperjuangkan kemerdekaan dari Bangsa Belanda.


Benteng Vredeburg yang berarti Benteng Perdamaian sebelumnya memiliki nama Benteng Rustenberg yang berarti benteng peristirahatan. Setiap libur akhir pekan Benteng Vredeburg selalu ramai di kunjungi para wisatawan baik lokal maupun Turis Asing.

Harga tiket masuk Benteng Vredeburg sebersar Rp 2 Ribu rupiah/ orang.
Selain banyak di kunjungi keluarga dan anak – anak , Benteng bersejarah di Yogya ini kerap dijadikan sumber karya tulis ilmiah bagi siswa siswi Sekolah Menengah Atas.

Usai berkeliling menjelajahi wisata bersejarah di Yogyakarta Anda bisa dan mampir sejenak untuk beristirahat Makan dan sekedar Minum di kedai – kedai sekitar Benteng Vredeburg, atau bahkan bisa juga mampir dengan Pasar Beringharjo untuk mencari jajanan khas Yogya dan oleh – oleh khas Yogya di Pasar terpopuler di kota Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar