Keindahan Candi Di Yogyakarta Ini Tak Kalah Menawan Dari Prambanan.


Saat berlibur ke Yogyakarta, destinasi pilihan wisatawan biasanya mengunjungi Candi di Yogyakarta, salah satunya Candi Prambanan yang sangat fenomenal, namun Candi terkenal di Yogyakarta bukan hanya Candi Prambanan, adapula beberapa Candi Hindu lainnya salah satunya Candi Plaosan.

Tak jauh dari Komplek Prambanan terdapat sebuah Candi yang tak kalah menawan dan mampu mengundang decak kagum para Pengunjungnya, letak Candi ini hanya sekitar 1km dari Komplek Prambanan, tepatnya di Desa Bugisan, Prambanan, Klaten, Jawa tengah.

Komplek Candi Plaosan terbagi dalam dua bagian yakni Candi Plaosan Kidul dan Candi Plaosan Lor,  jarak kedua Candi ini cukup berdekatan yakni sekitar 100 meter. Candi Plaosan Kidul terletak di bagian selatan sedangkan Candi Plaosan Lor berada di bagian Utara.

Kendati beberapa bagian Candi terlihat banyak di tumbuhi lumut namun tak mengurangi keelokan bangunan Candi Plaosan yang tetap terawat dengan baik dan terjaga kebersihannya.

Di sekitar komplek Candi terdapat pepohonan rindang yang tumbuh subur diantara rumah penduduk sekitar, pemandangan ini semakin menambah asri suasana.

Komplek Candi Plaosan Lor memiliki ukuran yang jauh lebih luas dari Candi Plaosan Kidul, menurut cacatan sejarah bangunan Candi ini di dirikan oleh Rakai Panangkara yang merupakan salah seorang Raja dari Dinasti Syailendra.

Rakai Panangkara tak hanya mendirikan candi Plaosan namun juga beberapa Candi lainnya seperti Candi Borobudur di Magelang dan Candi Sewu.

Kompleks Candi Plaosan yang memiliki luas area sekitar  440x270 meter ini, konon berfungsi untuk menurunkan air tanah di kompleks Candi agar kondisi Tanah yang berada di bawah Candi menjadi lebih padat dan berisi. 

Di Komplek Candi Plaosan para wisatawan dapat duduk dan bersantai sembari mengabadikan momen indah ini dengan berpose cantik di depan Candi.

Dengan membayar harga tiket masuk Candi Plaosan sebesar Rp 5.000,- Para Wisatawan dapat dengan leluasa menikmati keindahan Candi Plaosan yang tak kalah menawan dengan Candi di Yogyakarta lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Read The Affair Free

Tempat Diving dan Snorkeling favorit Di Laut Karimunjawa

Read As You Like It No Fear Shakespeare Free